Kepresidenan Mahasiswa USNI

Organisasi Kemahasiswaan di tingkat Universitas dikoordinir oleh Pembantu Rektor III Bidang Akademik, Kemahasiswaan dan Alumni. Kemahasiswaan dan Alumni di tingkat Fakultas dikoordinir oleh Dekan dengan melakukan kegiatan ekstrakurikuler di kampus dan di luar kampus.

A. Organisasi Kemahasiswaan

Mengenai bentuk Organisasi Kemahasiswaan USNI beserta tugas pokok dan fungsi dari setiap strata yang tersusun dalam struktur organisasinya telah diatur dalam Surat Keputusan Rektor USNI No. 195A/SK/R-USNI/V/2002 tentang Pedoman Teknis Organisasi Kemahasiswaan USNI.

1. Tingkat Univesritas
- Majelis Permusyawaratan Mahasiswa (MPM) yang merupakan lembaga tertinggi dalam organisasi kemahasiswaan dan bertanggung jawab kepada Rektor.
- Presiden Mahasiswa (Presma) atau Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) merupakan lembaga tinggi dalam organisasi kemahasiswaan dan bertanggung jawab kepada MPM. Keanggotaannya dipilih oleh seluruh Mahasiswa melalui Pemilu yang diselenggarakan oleh MPM dan disahkan oleh Pimpinan Universitas
- Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang berkedudukan di tingkat Universitas dan merupakan kelengkapan non-struktural yang berfungsi untuk merencanakan, mengembangkan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler di tingkat Universitas dalam bidang tertentu, yang bersifat penalaran dan keilmuan, minat, bakat, kegemaran atau hobi, kesejahteraan Mahasiswa dan pengabdian kepada masyarakat.

2. Tingkat Fakultas
- Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (BPMF) berkedudukan di tingkat Fakultas dan merupakan kelengkapan non-struktural yang bertanggung jawab kepada pimpinan Fakultas. Tugas pokoknya mengadakan Musyawarah Mahasiswa (MUSMA) Fakultas setiap tahun pada bulan September untuk menetapkan Garis-garis Besar Program untuk memilih pengurus SMF.
- Senat Mahasiswa Fakultas (SMF) berkedudukan di tingkat Fakultas dan merupakan kelengkapan non-struktural untuk merumuskan dan melaksanakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan garis-garis besar program yang di tetapkan oleh BPMF, SMF bertanggun jawab kepada BMPF melalui laporan dengan tembusan kepada pimpinan Fakultas.
- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) berkedudukan di tingkat Fakultas dan merupakan kelengkapan non-struktural Fakultas. Tugas pokoknya menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan Program Studi bersangkutan. HMJ bertanggung jawab kepada BPMF dan memberikan tembusan laporan kepada Pembantu Dekan Bidang Kemahasiswaan
- Himpunan Mahasiswa Program Diploma (HMPD) berkedudukan di tingkat Fakultas dengan tugas pokok menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler yang bersifat penalaran dan keilmuan sesuai dengan Program Studi dalam Program Diploma bersangkutan.

B. Presiden Mahasiswa (PRESMA)

a. Hubungan dengan Universitas

i. Legalitas dari Presma
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) sebagai Lembaga Tinggi Kemahasiswaan berkedudukan ditingkat Universitas.
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) di bawah dan bertanggungjawab kepada MTM merupakan kelengkapan non-struktural pada organisasi USNI.
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) bersama-sama dengan MTM dilantik dan dikukuhkan oleh Rektor USNI.

ii. Tata Cara Pengangkatan Presiden Mahasiswa (PRESMA)
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) dipilih pada forum Musyawarah Umum Mahasiswa (MUSUMA) yang diadakan 1 (satu) kali dalam setahun oleh Mahasiswa melalui Pemilu yang diselenggarakan oleh MTM, disahkan dan dilantik oleh Rektor USNI.

iii. Validasi dan Waktu Kepengurusan Presiden Mahasiswa (PRESMA)
- Masa kepengurusan Presiden Mahasiswa (PRESMA) selama 1 (satu) tahun dari tanggal dan bulan pelantikannya sampai tahun berikutnya.

b. Konsolidasi Organisasi Kemahasiswaan

i. Fungsi Presiden Mahasiswa (PRESMA)
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) membawahi dan bertanggung jawab atas pelaksanaan tugas Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) sebagai koordinator kegiatan-kegiatan kemahasiswaan antar jajaran Senat Mahasiswa Fakultas (SMF), dalam melaksanakan kegiatan di bidang kemahasiswaan baik dalam maupun diluar kampus sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) menyelenggarakan rapat kerja dengan selurh jajaran Organisasi Kemahasiswaan USNI untuk membahas program kerja, alokasi anggaran Dana Kegiatan Mahasiswa (DKM), dan kegiatan lainnya.

ii. Kepengurusan Organisasi
- Kepengurusan Presiden Mahasiswa (PRESMA) sekurang-kurangnya terdiri dari:
1. Ketua.
2. Sekretaris.
3. Ketua-ketua Komisi/Kementerian/Koordinator/Seksi-seksi.
4. Anggaran Komisi/Kementerian/Seksi.

c. Persiapan Organisasi Mahasiswa

i. Jadwal dari Kepengurusan Organisasi
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) menyusun jadwal kegiatan kepengurusan Presiden Mahasiswa (PRESMA) yakni jadwal penyelenggaraan Rapat Kerja (Raker) Mahasiswa, Rapat Koordinasi dengan jajaran pengurus Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM), Senat Mahasiswa Fakultas (SMF), Dekan, Pembantu Rektor (PUREK) III, dan Pejabat Struktural yang terlebih dahulu dikoordinasikan dengan Dekan dan Pembantu Rektor (PUREK) I dan III.

ii. Sarana dan Prasarana
- Presiden Mahasiswa (PRESMA) beserta seluruh jajaran Organisasi Kemahasiswaan dapat menggunakan sarana dan prasarana yang tersedia di USNI sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

iii. Pertanggung Jawaban Kepengurusan Presiden Mahasiswa (PRESMA)
- Membuat laporan tertulis atas setiap pelaksanaan tugas kegiatan kemahasiswaan tingkat Universitas yang telah dilaksanakan terutama yang berhubungan dengan Dana Kegiatan Mahasiswa (DKM), untuk dipertanggung jawabkan kepada Pembantu Rektor (PUREK) III.
- Pada masa akhir jabatannya Presiden Mahasiswa (PRESMA) membuat laporan pertanggung jawaban atas seluruh pelaksanaan tugasnya, beserta aset yang dimiliki Presiden Mahasiswa (PRESMA) kepada Majelis Tertinggi Mahasiswa (MTM), Rektor USNI, dengan tembusan kepada Pembantu Rektor (PUREK) III.

← Kembali


    INFO
    LOKASI
    TENTANG
    GALERI
    JEJARING SOSIAL
    FORUM
    Selamat Datang Map Perusahaan Video Facebook Login
    Unit Alamat Legal Foto Twiter Blog
    Testimoni Contact Us Bid.Usaha Music Youtube
    copyright ©2014 :: Yadika ( Yayasan Abdi Karya ) :: Pendidikan & Kesehatan
    Jl.Raden saleh No.11 Karang Tengah Cileduk - Tangerang 15157
    Phone: (021) 7304093 / 7304092
    Fax: (021) 7304092